Seminar, Workshop dan Talkshow

Berbagai seminar, workshop, dan talkshow yang bisa dihadiri masyarakat akan dilaksanakan pada Hakordia 2022 di Menara Bidakara. Kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan antikorupsi atau sebagai sarana diseminasi praktik antikorupsi. Berikut adalah agenda kegiatan seminar dan workshop Hakordia 2022:

Jumat, 9 Desember 2022

Talkshow Series Stranas PK

Stranas PK akan menggelar Talkshow Series terkait perkembangan capaian aksi pencegahan korupsi yang mengangkat dua isu, yaitu:

Talkshow dan Launching Jaga Pelabuhan

Ruang Bisma, Menara Bidakara (13.30 – 16.00 WIB)

JAGA Pelabuhan adalah platform untuk monitoring dan pelaporan para stakeholders di kawasan pelabuhan. Melalui talkshow ini, para pemangku kepentingan akan mendapatkan pengetahuan seputar penggunaan JAGA Pelabuhan jika terdapat indikasi penyimpangan dalam tata kelola pelabuhan.

Talkshow Integrasi Perencanaan dan Penganggaran

Ruang Birawa, Menara Bidakara (09.00-12.00 WIB)

Talkshow ini akan membahas urgensi integrasi sistem perencanaan dan penganggaran baik di pemerintah pusat hingga ke pemerintah daerah. Kegiatan akan menghadirkan narasumber dari Kemenkeu, Kemendagri, dan BPKP.

Workshop Pengaduan Masyarakat

Ruang Bisma-Kresna, Menara Bidakara (13.30-16.00 WIB)

Melalui Direktorat Pelayanan Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat, KPK mengajak peran serta masyarakat dalam pemberantasan korupsi melalui pengaduan masyarakat. Pada workshop ini, masyarakat akan mendapatkan pengetahuan mengenai korupsi dan bagaimana cara pengaduannya.

Seminar Pencegahan Korupsi Dunia Usaha

Ruang Binakarna, Menara Bidakara (14.00-17.00 WIB)

Seminar Pencegahan Korupsi Dunia Usaha akan menghadirkan capaian konkret keberhasilan praktik baik dari Sektor Usaha prioritas (KAN) maupun dari Forum daerah (KAD) yang didorong oleh Direktorat Antikorupsi Badan Usaha KPK. Melalui kegiatan ini juga, KPK ingin mendorong iklim usaha yang baik antara regulator dengan pelaku usaha. Peserta kegiatan adalah berbagai asosiasi bisnis tingkat pusat yang kurang lebih berjumlah 50-100 orang.

Intimate Gathering KOL

Ruang Nakula, Menara Bidakara (14.00-17.00 WIB)

Sebagai bagian dari masyarakat, Key opinion leader (KOL) atau influencer telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kampanye dan sosialiasi antikorupsi. Kegiatan yang menghadirkan berbagai narasumber dari KPK ini bertujuan mendorong KOL untuk ikut serta dalam upaya pemberantasan korupsi.

Sabtu, 10 Desember 2022

Sarasehan Jejaring Pendidikan Antikorupsi

Ruang Binakarna, Menara Bidakara (09.00-12.00 WIB)

Sarasehan ini menghadirkan perwakilan jejaring mitra pendidikan antikorupsi KPK, mulai dari guru, mahasiswa, hingga dosen dari sekolah, madrasah dan universitas di seluruh Indonesia. Diharapkan melalui sarasehan ini, terjalin komunikasi dan sinergi antar mitra jejaring pendidikan antikorupsi.

Workshop Penanganan Pertama Barang Bukti Elektronik

Ruang Bima, Menara Bidakara (09.00-12.00 WIB)

Kegiatan ini dikhususkan untuk aparat penegak hukum yang akan berhadapan dengan bukti elektronik. Workshop ini akan memberikan pengetahuan yang diperlukan untuk menjaga akuntabilitas dan integritas barang bukti elektronik dalam proses penanganan perkara.

Workshop Perempuan Antikorupsi

Ruang Binakarna, Menara Bidakara (13.30-16.00 WIB WIB)

KPK akan menyelenggarakan seminar nasional terkait peran serta perempuan Indonesia dalam upaya pemberantasan korupsi, yang dilakukan secara hybird (offline dan online) pada rangkaian kegiatan Side Event Hakordia 2022. Workshop ini bertujuan untuk memperkuat fungsi dan peran perempuan Indonesia dalam menanamkan nilai-nilai integritas dan sebagai pelopor antikorupsi.

Workshop Pengembangan Kapasitas PAKSI dan API

Ruang Birawa, Menara Bidakara (13.30-17.00 WIB)

Sejak 2017, Paksi dan API telah menjadi mitra penting KPK dalam upaya pendidikan antikorupsi di Indonesia. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 2.600 Paksi dan 300 API di Indonesia. Workshop kali ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas Paksi dan API dengan menghadirkan berbagai narasumber yang kompeten di bidangnya.