Roadshow Bus KPK Diluncurkan, Mengaspal untuk Sebarkan Semangat Antikorupsi

6 September 2022

Pimpinan KPK resmi meluncurkan program Roadshow Bus KPK pada Selasa (6/9) dalam sebuah pagelaran yang meriah. Dalam Roadshow ini, Bus KPK akan mengaspal ke sembilan kabupaten/kota di tiga provinsi untuk menyebarkan semangat antikorupsi dan mengedukasi masyarakat mengenai nilai-nilai antikorupsi.

Peluncuran dilakukan oleh Ketua KPK Firli Bahuri di depan Gedung Merah Putih KPK di Jakarta. Kegiatan ini diikuti secara antusias oleh seluruh masyarakat, pegawai KPK, dan mendapatkan perhatian dari para awak media.

Dalam sambutannya, Firli mengatakan bahwa program ini adalah bagian dari pendidikan antikorupsi kepada masyarakat yang menjadi salah satu strategi pemberantasan korupsi KPK, selain pencegahan dan penindakan. KPK menggunakan bus untuk hadir langsung ke tengah-tengah masyarakat, memberikan edukasi antikorupsi dan nilai-nilai integritas dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

"Kami berharap melalui program ini, KPK memberikan andil besar dalam membangun budaya antikorupsi. Kami juga berharap semua masyarakat dapat mengambil peranan dalam pemberantasan korupsi. Karena sesungguhnya, membebaskan negeri ini dari korupsi tidak akan sanggup dilakukan oleh satu pihak saja," kata Firli.

Kemeriahan peluncuran Roadshow Bus KPK semakin terasa dengan penampilan yang sangat apik dari Marching Band SMK Satya Bhakti. Kostum warna-warni, atraksi, dan kepiawaian para siswa SMK tersebut membuat suasana menjadi sangat meriah.

Penampilan tersebut ditimpali juga oleh penampilan para siswa dari SMAN 9 Tangerang Selatan yang membawakan secara kompak tarian Ratoh Jaroe khas Aceh. Penampilan pelajar dari kedua sekolah ini berhasil membuat para penonton terpukau.

Turut memeriahkan acara adalah penampilan dari band internal KPK Root Bear. Ikut hadir memberikan warna pada kegiatan peluncuran hari ini adalah Puteri Indonesia 2022 Laksmi Shari De Neefe Suardana, Puteri Indonesia Lingkungan 2022 Cindy May McGuire, dan Puteri Indonesia Pariwisata 2022 Adinda Cresheilla.

Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana dalam sambutannya mengatakan bahwa KPK meluncurkan Roadshow Bus Antikorupsi pertama kali pada 2014. Puluhan kota di Pulau Jawa dan Sumatra telah dijajaki setiap tahunnya.

Setelah vakum dua tahun akibat pandemi COVID-19, tahun ini Roadshow Bus KPK kembali hadir. Mengambil tema "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi", Bus KPK akan menyambangi masyarakat di 9 Kabupaten/kota tiga provinsi, yaitu Sumatera Selatan, Lampung, dan Banten pada 7 September hingga 9 Oktober mendatang.

Berbagai kegiatan menarik bisa diikuti oleh masyarakat pada Roadshow Bus KPK ini, seperti pertunjukan seni dan permainan bertema antikorupsi, diskusi dan nonton bareng film antikorupsi, hingga peningkatan kapasitas antikorupsi untuk berbagai kalangan. Wawan mengatakan, selain masyarakat umum, target utama dari proram ini adalah para guru, pelajar, mahasiswa dan dosen.

"Tujuan program ini adalah juga untuk menginformasikan program-program pemberantasan dan pencegahan korupsi, mengampanyekan nilai-nilai antikorupsi, serta bersinergi dengan masyarakat dalam membangun kesadaran antikorupsi," ujar Wawan.

Direktur Sosialisasi dan Antikorupsi KPK Amir Arief dalam perbincangan dengan ACLC mengatakan Roadshow Bus KPK hadir untuk mendekatkan KPK kepada masyarakat. Selama ini, kata Amir, masyarakat hanya mengetahui KPK melalui media.

"Mari kita sukeskan program ini, ramaikan semua kegiatan yang diselenggarakan pada Roadshow Bus KPK. Melalui Bus KPK, kami berharap masyarakat dapat memahami dan turut serta aktif bersama KPK dalam memberantas korupsi," ujar Amir.