Gegap Gempita Mars Pendidikan Antikorupsi Kota Bandar Lampung

28 September 2022

Kegiatan Roadshow Bus KPK di Kota Bandar Lampung berlangsung dengan sukses dan meriah pada pekan lalu. Salah satu yang masih membekas di telinga masyarakat Bandar Lampung adalah Mars Pendidikan Antikorupsi (PAK) yang selalu diperdengarkan dalam setiap kegiatan Roadshow Bus KPK.

Diperkenalkan pertama kalinya pada Roadshow Bus KPK, Mars PAK Bandar Lampung memuat cita-cita bersama untuk menciptakan generasi antikorupsi. Dalam liriknya, terkandung ajakan untuk bahu membahu berjuang memberantas korupsi melalui pendidikan.

Lagu tersebut diciptakan oleh Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana dan dibawakan oleh Paduan Suara Tapis Berseri secara apik pada pembukaan dan penutupan Roadshow Bus KPK. Bahkan, Eva menyerahkan lagu tersebut kepada KPK yang diwakili oleh Wawan Wardiana, Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK.

Eka Afriana, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bandar Lampung, mengatakan lagu itu tercipta hanya selang beberapa hari sebelum Roadshow Bus KPK dilangsungkan. Eka mengisahkan, Mars PAK Bandar Lampung muncul ketika tim Disdikbud melaporkan soal kegiatan PAK di sekolah-sekolah kepada Walikota.

Walikota Eva, kata Eka, sangat antusias dan memberikan bait-bait puisi untuk dibacakan dalam kegiatan PAK. Puisi itulah yang kemudian diaransemen menjadi Mars PAK. "Saya berikan puisi itu ke tim untuk diaransemen. Kami punya 60 orang pada tim paduan suara, tapi lagu itu aslinya dinyanyikan dua orang saja," kata Eka dalam perbincangan dengan ACLC di Bandar Lampung.

Eka mengatakan, Mars PAK itu belum disebarluaskan sebelum Roadshow Bus KPK. Mereka memberikannya kepada KPK sebagai bentuk kontribusi Bandar Lampung dalam pendidikan antikorupsi. Nantinya, kata Eka, lagu itu akan diperdengarkan dan dinyanyikan oleh para siswa dalam pelajaran PAK.

"Tujuannya agar tertanam di pemikiran mereka bahwa anak-anak harus senantiasa jujur. Memerangi korupsi harus kita awali dari anak-anak dulu, karena mereka adalah penerus kita," kata Eka.

Selain membuat Mars PAK, Bandar Lampung juga jadi kota pertama di Indonesia yang memiliki modul pengajaran antikorupsi untuk anak-anak SD dan SMP. Eka mengatakan, PAK kini diajarkan sebagai muatan lokal di sekolah-sekolah.

Aida Ratna Zulaiha, Direktur Jejaring Pendidikan KPK, mengapresiasi Disdiknas Bandar Lampung yang telah menciptakan Mars PAK. Aida mengatakan, ini adalah salah satu bentuk keseriusan pemerintah Bandar Lampung dalam menerapkan PAK di antara anak-anak didik. Namun dia berharap, komitmen Bandar Lampung tak sekadar menyusun modul dan menciptakan Mars PAK.

"Yang paling penting adalah bagaimana PAK benar-benar terimplementasi dalam pendidikan formal dalam bentuk perilaku antikorupsi pada anak didik dan terciptanya ekosistem dunia pendidikan yang berintegritas," kata Aida.

Aida juga berharap kontribusi pemberantasan korupsi Bandar Lampung dapat berjalan secara konsisten, termasuk dengan melakukan monitoring dan evaluasi dari implementasi PAK. "Semoga dengan pendidikan antikorupsi ini, kota Bandar Bandar Lampung dapat terbebas dari korupsi," ujar Aida.

Mars Pendidikan Antikorupsi Kota Bandar Lampung dapat didengarkan pada tautan ini. Berikut adalah lirik mars tersebut:

Mars Pendidikan Antikorupsi (PAK) Kota Bandar Lampung

Langkahkah kaki kita bersama
Bergerak Menuju Kejayaan
Genggam erat jalin persaudaraan
Bersama hindari korupsi

Reff:
Mari kita berjuang demi negeri
Negeri kita tercinta
Bebaskan negeri kita dari korupsi dan kolusi
Kita ciptakan generasi prestasi bersama anak negeri

Mari bersama pemudi pemuda perangi korupsi
Junjung kejujuran dan keadilan
Bangun Ibu Pertiwi

Singsingkan lengan baju
Kerja keras tanpa henti
Ciptakan negeri bersih dan berwibawa
Cita-cita bersama

Ciptaan: Eva Dwiana
Aransemen: Hery Kurniawan & Rudy Darmawan