Ayo Nonton Bareng 24 Film Terpilih ACFFEST 2022!

17 November 2022

Saat yang ditunggu-tunggu para sineas Indonesia telah datang. KPK akan mengumumkan para finalis kompetisi film pendek pada Anticorruption Film Festival atau ACFFEST 2022. Di saat yang sama, KPK juga mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk nonton bareng film-film terbaik pilihan panitia ACFFEST 2022 tersebut.

Pengumuman dan nonton bareng akan dilakukan pada acara "Screening Days ACFFEST 2022" pada Minggu-Selasa, 27-29 November 2022, secara online melalui akun Youtube KPK. Total akan ada 24 film yang bisa ditonton masyarakat pada acara screening days ini.

Film yang akan diputar terdiri dari 5 film produksi para finalis proposal ide cerita, 9 finalis film pendek dokumenter, dan 10 finalis film pendek fiksi. Ke-24 film tersebut telah melewati kurasi yang ketat terhadap lebih dari 1.300 film pendek dan proposal ide cerita dari seluruh sineas Indonesia yang masuk ke meja panitia.

"Proses kurasi adalah sebuah proses yang panjang dan tentu debat antar-juri maupun tim KPK yang juga tak terhindarkan, mengingat banyak film yang bagus dan sarat akan nilai antikorupsi, sehingga sulit bagi kami untuk memilih finalis dari kompetisi film ACFFEST ini," kata Amir Arief, Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK.

Rangkaian ACFFEST 2022 dimulai pada 3 Juni lalu dengan pembukaan kompetisi film pendek dokumenter dan fiksi, dan proposal ide cerita. ACFFEST juga mengadakan roadshow “Movie Day” berupa pemutaran film-film antikorupsi di beberapa kota di seluruh Indonesia.

Total ada 581 proposal ide cerita yang didaftarkan pada ACFFEST 2022. Setelah melalui kurasi, 5 ide cerita akhirnya terpilih dan diproduksi dengan pendanaan dari KPK. Lima judul film tersebut adalah: "Sa Pu Nama Moses" dari Papua, "Titip Sandal" dari Pontianak, "Loma" dari Yogyakarta, "Maaf Mama Aku Kelepasan" dari Yogyakarta, dan "Lansia Lan Sopo" dari Sidoarjo.

Sementara terdapat 412 film pendek dan 319 film fiksi yang ikut berkompetisi. Screening days nanti sekaligus menjadi pengumuman siapa saja finalis film pendek dokumenter dan fiksi pada ACFFEST 2022. Pengumuman pemenang akan disampaikan para peringatan Hari Antikorupsi Sedunia pada 9 Desember 2022 mendatang.

Sejak diluncurkan pada 2013, ACFFEST telah menjadi ajang bagi para sineas Indonesia menghasilkan karya-karya bertemakan antikorupsi dan integritas. KPK mengucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat yang telah berpartisipasi aktif dalam rangkaian ACFFEST 2022 kali ini.

"Kami bangga dan bahagia karena masih banyak anak bangsa, terutama para sineas yang peduli akan pemberantasan korupsi di Indonesia, terbukti dengan teman-teman semua berpartisipasi aktif dengan ikut kompetisi ACFFEST ini," kata Amir.

Amir mengajak para mahasiswa, sineas, anak muda, ASN, dan seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut menyaksikan Screening Days ACFFEST di Youtube KPK sebagai salah satu media pembelajaran antikorupsi.

"Menonton film dari para finalis ini tentu sangat menghibur dan dapat membuka mata serta hati kita bagaimana kita dapat secara aktif bahu-membahu memberantas korupsi di Indonesia," kata Amir.

"Yuk teman-teman semua, mari bersama-sama kita saksikan karya anak bangsa untuk menyatukan tujuan dan niat kita bersama dalam memberantas korupsi di Indonesia".